Wisata Jogja, Hutan Mangrove Kulon Progo Yang Instagramable

Hutan Mangrove Kulon Progo, Spot Favorit Yang Instagramable

Kulon Progo memiliki wisata andalan untuk menggaet wisatawan agar mau berbondong-bondong berkunjung ke Kulon Progo. Hutan Mangrove Kulon Progo namanya, sejak awal pertama kali dibuka untuk umum, kawasan hutan mangrove yang berada di kawasan pasir mendit ini mengalami kenaikan pengunjung yang signifikan.

Sebelumnya banyak orang yang salah menyebut tempat ini dengan sebutan Hutan Mangrove Pantai Congot karena memang letaknya yang berdekatan dengan pantai congot sehingga banyak yang salah kaprah, jadi agar tidak salah lagi ada baiknya kamu bertanya kepada google ataupun penduduk sekitar dengan bertanya hutan mangrove pasir mendit bukan Hutan Mangrove Pantai Congot karena bila kamu salah bertanya bisa dipastikan dapatnya pasti zonk, malu bertanya sesat dijalan bukan hehe.

Lalu, apa saja yang ditawarkan oleh Hutan Mangrove Kulon Progo ini untuk menarik wisatawan, serta lokasi dan rute lengkapnya? Tenang saja, nanti akan diulas tuntas dibawah ya jadi dijamin kamu tidak bakalan tersesat  saat mencari alamat Hutan Mangrove Kulon Progo ini.

foto hutan mangrove kulon progo

Keindahan Yang Ditawarkan Hutan Mangrove Kulon Progo

Untuk kamu yang penasaran dengan keindahan alam hutan mangrove dan apa saja yang akan kamu temui disini, ada baiknya kita flashback dulu sejenak tentang cikal bakal rimbunnya tanaman mangrove di pantai ini.

Berawal sekitar tahun 80-an ada kelompok wanatirta berupaya untuk mencegah abrasi yang terjadi di pesisir pantai selatan kulon progo dengan cara menanam pohon bakau atau mangrove, sehingga kawasan ini kemudian masuk dalam kawasan konservasi.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan kawasan konservasi ini sudah semakin lebat dengan rimbunnya tanaman bakau, kemudian muncullah ide untuk membuka kawasan konservasi mangrove ini sebagai wisata edukatif yang bertujuan supaya masyarakat maupun wisatawan yang datang berkunjung agar lebih concern tentang bahaya abrasi pantai dengan cara penanaman pohon bakau.

Ternyata ide untuk membuka kawasan konservasi ini sebagai wisata edukatif disambut positif oleh masyarakat, di luar ekspektasi lambat laun Hutan Mangrove Kulon Progo ini menjadi buah bibir baik warga lokal maupun luar daerah yang penasaran dengan keindahan hutan mangrove jogja ini.

Hutan mangrove kulon progo ini kemudian menjadi booming dan viral di sosial media menjadikan pengunjung yang datang pun membludak sampai ribuan per harinya. Jadi untuk kamu yang mencari wisata edukatif atau wisata alternatif di Jogja, Hutan Mangrove Kulon Progo ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan.

hutan mangrove pasir mendit

Hutan Mangrove Kulon Progo ini memang bukanlah satu-satunya yang ada di Jogjakarta, karena selain di Pasir Mendit di sebelah pantai Parang Tritis pun ada kawasan Hutan Mangrove atau bakau namun relatif lebih sempit bila dibandingkan dengan Hutan Mangrove yang berada di Kulon Progo ini.

Dengan luas hutan mangrove sekitar 3 hektar, tanaman bakau ini berdiri di tepi pantai dan sepanjang sungai Bogowonto. Nuansa hijau nan alami dari rimbunnya pepohonan bakau menjadi sajian utama untuk wisatawan yang datang berkunjung.

Selain itu, sebagai fasilitas pendukungnnya disediakan beberapa spot untuk selfie seperti gazebo, ayunan dan jembatan api api. Banyak wisatawan yang mengabadikan foto dengan objek Jembatan api api, gazebo dalam hutan serta jalan untuk menembus rimbunnya hutan mangrove dengan plang-plang tulisan dengan kata-kata unik.

ayunan di mangrove kulon progo

Jembatan Api Api di Hutan Mangrove Kulon Progo ini pernah ambruk karena kontruksi jembatan ini tidak diset untuk dapat menampung ribuan wisatawan yang datang berkunjung setiap harinya karena hanya terbuat dari bambu. Namun, oleh pengelola kemudian diperbaiki kembali dan diperkuat dengan kayu untuk menopang jembatan api api yang terkenal ini.

hutan mangrove pantai congot

Lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo

Perlu diingatkan kembali ya, apabila Hutan Mangrove Kulon Progo ini bukan berada di Pantai Congot. Hutan mangrove ini secara administratis berada di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Untuk sampai di lokasi ini dari pantai congot hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan jarak sekitar 7 kilometer.

Untuk sampai di Lokasi Hutan Mangrove Pasir Mendit ini bisa dicapai dengan dua jalur yakni melalui jalur utara dan jalur selatan.

hutan mangrove congot

Rute Menuju Hutan Mangrove Kulon Progo

Jika kamu berangkat dari kota Jogjakarta, untuk menuju hutan mangrove kulon progo kamu bisa langsung mengambil jalur menuju arah wates, ikuti terus jalan tersebut sampai bertemu dengan patung kuda (Nyi Ageng Serang). Ambil arah yang menuju ke Purworejo, ikuti terus jalur tersebut sampai bertemu terminal wates, lanjut terus ke arah barat sampai bertemu rumah padang sederhana yang sebelah baratnya ada pertigaan, kemudian ambil kiri.

Ikuti jalur menuju Pantai Congot sampai bertemu pertigaan (jika ambil kiri akan ke pantai congot), masih terus ke arah barat hingga melewati jembatan, setelah itu ambil kiri (arah Desa Jangkaran) dari sini sudah banyak plang-plang penunjuk jalan yang sudah disediakan untuk menuju ke Hutan Mangrove Kulon Progo. Bila kamu ragu-ragu, tidak ada salahnya untuk bertanya kepada penduduk setempat ya.

jembatan api api

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Kulon progo

Untuk bisa masuk dan menikmati fasilitas yang berada di Hutan Mangrove ini, wisatawan akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp.3000/orang dan parkir sebesar Rp.2000/sepeda motor atau Rp.5000/mobil. Objek wisata alternatif yang murah meriah bukan.